Surah Al Hujuraat Ayat 1

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُقَدِّمُوْا بَيْنَ يَدَيِ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌyā ayyuhallażīna āmanụ lā tuqaddimụ baina yadayillāhi wa rasụlihī wattaqullāh, innallāha samī'un 'alīmWahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.
Glosarium:Orang Beriman, Allah dan RasulNya, Taqwa, Maha Mendengar, Maha Mengetahui
Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ اللهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ(Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya) Yakni janganlah kalian memutuskan suatu perkara tanpa menyertakan Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kalian terburu-buru melakukan itu sedangkan Rasulullah bersama kalian. وَاتَّقُوا۟ اللهَ ۚ (dan bertakwalah kepada Allah) Dalam setiap urusan kalian. إِنَّ اللهَ سَمِيعٌ(Sesungguhnya Allah Maha Mendengar) Segala suara.عَلِيمٌ (lagi Maha Mengetahui) Segala hal.
Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah 1. Wahai orang-orang yang beriman dengan Allah dan rasulNya, jangan memutuskan hukum untuk masalah kalian sebelum Allah dan rasulNya menentukan hukum hal itu. Takutlah kepada Allah dalam segala urusan kalian dengan mengerjakan apa yang diperintahNya dan meninggalkan apa yang dilarangNya.Sesungguhnya Allah itu Maha Mendengar ucapan-ucapan kalian dan Maha Mengetahui tindakan-tindakan kalian. Imam Bukhari dan lainnya dari Abdullah bin Zubair berkata: “Seseorang dari Bani Tamim ingin bertemu nabi SAW, lalu Abu Bakar berkata: “Perintahkanlah Al-Qa’qa’ bin Ma’bad” dan Umar berkata:”Jangan tapi perintahlah Aqra’ bin Habis”. Kemudian Abu Bakar berkata: “Kamu hanya ingin berbeda denganku”, lalu Umar berkata: “Aku tidak bermaksud berbeda denganmu” kemudian keduanya saling berdebat sampai-sampai mereka meninggikan suaranya, kemudian Allah menurunkan surah ini”
Renungan....Sudahkah saya beriman?Seruan untuk orang beriman, dilarang untuk mendahului Allah dan RasulNya dalam hal apapun, intinya dalam segala perkara perbuatan harus memperhatikan ketentuan atau hukum SyariatNya. Dan yang terpenting adalah selalu minta ijin dahulu kepadaNya sebelum berbuat ataupun menentukan suatu keputusan tindakan perbuatan. Perintah agar selalu bertaqwa kepadaNya. Allah maha mendengar (berhubungan dengan suara). Allah maha mengetahui (Segala Sesuatu)Bila direnungkan lagi, mulai dari kita lahir sampai sekarang....pernahkah kita minta ijin kepada Allah serta memperhatikan Syariat yang dibawa oleh utusanNya yaitu Nabi Muhammad dalam melakukan segala hal, Entah itu dalam ibadah, menuntut ilmu, bergaul dengan sesama, bekerja atau apapun itu.....Ya Allah, mohon bimbingan dari sisiMu dalam menjalani hidup ini.